Tutorial WebDav 2 Server Di Interface Yang Berbeda - Jaringan komputer

Wellcome to my blog :) Debian 7.5 | Cisco Packet Tracer | Mikotik | Pemrograman | Windows Server |

Pengetahuan ilmu TKJ

test banner

Search

Sabtu, 11 Mei 2019

Tutorial WebDav 2 Server Di Interface Yang Berbeda


Assalamuallaikum Wr.Wb
 allhamdullilah pada kesempatan kali ini saya dapat mensharing ilmu tentang "Membuat WebDav 2 Server Di Interface Yang Berbeda" yaudah gaes tanpa banyak ketik.
Ikuti Step By Step Tutorial Di Bawah Ini.....


Pertama Kita Masuk Ke Pengaturan maka akan tampil seperti dibawah ini lalu kita  Ke Storage (Penyimpanan) Kemudian Kita klik Create New HarDisk (Membuat Hardisk Baru) lalu klik Ok.


Selanjutnya Maka akan muncul gambar dibawah ini, Kita Pilih Yang VDI(Virtualbox Disk Image) lalu klik Next.


Selanjutnya untuk membuat virtual Hard Disk kita pilih Dynamically allocated untuk dialokasikan secara dinamik lalu klik Next.


Selanjutnya kita beri nama UJIAN lalu kita save di folder (Jika Ingin Berkas Nya Tersimpan) dan saya ingin tambahkan hard disk nya 50GB Lalu klik Create.


Lalu kita save folder yang sudah kita buat tadi dan kita simpan.


Karena sesuai dengan judulnya jadi saya membuat 2 WebDav 1 untuk Ujian 2 Untuk Hasil
Kemudian kita buat lagi dengan nama file yang berbeda disini saya menamai HASIL dan menyimpan nya dengan tempat yang sama lalu tambahkan hardisk nya 25GB lalu klik create.


VirtulaBox 1
Kemudian setelah kita selesai melakukan installasi lalu kita masuk ke Google Untuk login ke FreeNAS nya dengan Menggunakan/Memasukan IP yang sudah di buat Di change adapter Options(Ubah Opsi Adaptor).


Disini Sudah masuk ke FreeNAS nya maka kita langsung mulai saja ke Storage(penyimpanan) lalu kita klik yang bagian Volume Manager.


Bisa dilihat ini adalah tampilan dari volume manager untuk volume name nya saya menamakan UJIAN lalu jangan lupa centang(Encryption) Nah untuk hard disk kita pilih yang 53.7 GB, yang sudah di buat di pengaturan virtul box itu tadi Lalu klik add volume.
Caranya : Klik Tanda (+)


Cara nya sama seperti yang diatas Volume Name nya saya namai HASIL Untuk Membedakan nya,
Centang(Encryption) lalu untuk hard disk nya kita pilih yang 26.8GB yang sudah di buat sebelumnya.
 caranya : Klik Tanda (+) 


Selanjutnya kita beralih ke Service maka gambarnya akan seperti ini
Pertama kita klik Star Now sampai ada bacaan Running dan berwarna hijau, dan jangan lupa ceklis WebDav nya, lalu klik Pada gambar pengaturan  Untuk memasukan Port&HTTP Authentication.


Selanjutnya ini adalah gambar pengaturan nya Untuk Protocol nya HTTP
Berhubung disini saya anak pelajar, jadi saya menggunkan port sesuai dengan absen saya hehe
HTTP Authentication nya : No Authentication Lalu klik Ok.


Selanjutnya kita Beralih ke sharing lalu klik  webdav nya setelah itu klik Add WebDav Share.



Lalu kita masukan share name nya : uaswebdav
Masukan Path : /mnt/UJIAN melalui klik browse
Lalu ceklis pada Change User & Group Ownership lalu klik Ok


Selanjutnya Add WebDav Share lagi untuk membuat 2 Untuk
Lalu masukan share name nya : hasiluas
masukan path : /mnt/HASIL melalui klik browse
Lalu ceklis pada Change User & Group Ownership lalu klik Ok



Setelah itu masuk ke Shell
Lalu masukan perintah : #cd /mnt/UJIAN
                                        #ee uaswebdav.doc
jangan lupa klik Enter

Setelah itu maka akan muncul gambar seperti di bawah ini 
Lalu kita isi kata kata apa yang kita inginkan disini saya isi "Selamat Datang Di Website WebDav"
Kemudian jangan lupa Kita CTRL+C kemudian ketik exit lalu Enter.


VirtualBox 2
Selanjutnya kita mulai tahap VirtualBox yang kedua langsung saja kita klik Service untuk virtual yang harus kita buat lagi, untuk langkah-langkah nya sama seperti VirtualBox pertama saya akan ulangi lagi
Caranya : Pertama kita klik Star Now sampai ada bacaan (running dan berwarna hijau) , dan jangan lupa ceklis WebDav nya, lalu klik Pada gambar pengaturan  Untuk memasukan Port&HTTP Authentication.


Selanjutnya ini adalah gambar pengaturan nya Untuk Protocol nya HTTP
Berhubung disini saya anak pelajar, jadi saya menggunkan port sesuai dengan absen saya hehe
HTTP Authentication nya : Basic Authentication untuk memberi password nantinya disini password buat yg gampang saja  Lalu klik Ok.


Setelah itu masuk ke Shell
Lalu masukan perintah : #cd /mnt/HASIL/
                                        #ee hasiluas.txt
jangan lupa klik Enter.


Setelah itu maka akan muncul gambar seperti di bawah ini.
Lalu kita isi kata kata apa yang kita inginkan disini saya isi "allhamdulilah bisa"
Kemudian jangan lupa Kita CTRL+C kemudian ketik exit lalu Enter.


Setelah itu kita coba masuk ke google apakah berhasil atau tidak?
Garis merah adalah VirtualBox Pertama Caranya ialah kita masukan ip nya.
Contoh : 26.26.26.26/uaswebdav
Garis hijau adalah VirtualBox Kedua caranya kita masukan ip yang berbeda.
Contoh : 26.26.26.29/hasiluas 
NOTE :  VirtualBox Yang kedua sudah saya mode Basic Authentication jadinya dia akan meminta                     password untuk masuk.


 Bisa dilihat Pada gambar dibawah ini adalah tampilan .DOC & .TXT


Kemudian Untuk .DOC akan muncul di Ms.WORD Lalu untuk yang .TXT dia akan muncul di dalam google nya saja, Bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Itu Saja Tutorial Dari Saya Kurang Lebih Nya Mohon Maaf :)

SEMOGA BERMANFAAT:)
Wassalamuallaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman