jaringan komputer dasar - Jaringan komputer

Wellcome to my blog :) Debian 7.5 | Cisco Packet Tracer | Mikotik | Pemrograman | Windows Server |

Pengetahuan ilmu TKJ

test banner

Search

Jumat, 20 Oktober 2017

jaringan komputer dasar

jaringan komputer
1.pengertian jaringan komputer
2.klafikasi jaringan komputer berdasarkan jangkauan
3.komponen jaringan komputer
4.topologi jaringan komputer 
5.jenis jaringan komputer berdasarkan pengoprasian 
jawab!
1. secara umum pengertian jaringan komputer dapat di artikan sekumpulan komputer yang berkomunikasi dengan komputer lainnya menggunakan jaringan secara bersamaan. Jika pengertian jaringan komputer di artikan lebih detail maka dapat di artikan sebagai kumpulan dua komputer atau lebih saling terhubung secara elektronik. Tujuan utama kenapa membentuk jaringan komputer adalah untuk memungkinkan komunikas i data antar pengguna jaringan komputer.
2 Hasil gambar untuk lan 
 LAN(Local Area Networking)
Local Area Network adalah jaringan milik pribadi dalam satu lokasi, biasanya pada satu lantai di sebuah gedung, kampus, atau semua komputer dalam suatu perusahaan. Besarnya cakupan area jaringan LAN mencapai beberapa kilometer.

B. MAN(Metropolitant Area Networking)

 Hasil gambar untuk metropolitan area network

Metropolitan Area Network pada dasarnya merupakan versi yang lebih besar dari LAN dan umumnya menggunakan teknologi yang sama. Dan cakupannya mungkin berupa sekelompok kantor cabang yang letaknya berdekatan.
C. Wide are network (WAN)
 Hasil gambar untuk wide area network
 adalah sebuah jaringan yang tersebar di beberapa lokasi yang sangat berjauhan satu sama lain yang bisa antar kota, antar propinsi atau bahkan antar Negara antar benua yang terhubung satu sama lain dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh operator telekomunikasi.
  
d. INTERNET
 Hasil gambar untuk internet
Internet adalah singkatan dari Interconnected Network. Jaringan ini tidak memiliki batas. Karena jaringan ini dapat menghubungkan negara satu ke negara lain di seluruh dunia.
3
A.device Pemacu peranti (bahasa Inggris: Device driver) adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras.
B.Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data.
C.layanan
Layanan adalah  sebuah sistem yang terdiri atas komputer, perangkat computer tambahan dan perangkat jaringan lainnya seperti kabel, switch, HUB, router, dll yang saling terhubung menggunakan media tertentu dengan aturan yang sama dan bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama.
D.end devices end device adalah perangkat jaringan yang menjadi titik awal informasi di buat dan menjadi akhir dari perjalanan informasi (tujuan pengiriman data) beberapa contoh end device yaitu 
  • Komputer (work stationlaptop, file server, web server)
  • Printer jaringan
  • Telepon VoIP
E. intermedary devices Perangkat intermediary berfungsi untuk menghubungkan antar end device. Perangkat ini menyediakan sambungan atau konektivitas dan bekerja untuk menjamin aliran data yang melalui jaringan.

F.wireless adalah jika dari arti katanya dapat diartikan “tanpa kabel”, yaitu melakukan suatu hubungan telekomunikasi menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti media kabel.
G.tembaga Tembaga adalah salah satu logam yang sangat penting dan berperan besar dalam sejarah manusia dan termasuk logam yang pertama kali ditambang
H.fiber optik adalah sebuah saluran transmisi data, yang terbuat dari helaian serat kaca atau plastik. ... Transmisi data dapat terjadi karena fiber optik dapat mentramisikan gelombang cahaya, dan data-data yang akan ditransmisikan dititipkan pada gelombang cahaya tersebut.
I.coaxial Kabel Coaxial juga merupakan media yang mampu menghubungkan antara satu perangkat keras komputer dengan perangkat lainnya, karena kabel Coaxial memiliki kecepatan yang lumayan baik sebagai transmisi data
J.twisted pair adalah sebuah bentuk kabel yang dua konduktornya digabungkan dengan tujuan untuk mengurangi atau meniadakan gangguan elektromagnetik dari luar seperti radiasi elektromagnetik dari kabel pasangan berbelit tak terlindung (UTP cables), dan wicara silang (crosstalk) di antara pasangan kabel yang berdekatan.

K. UTP
UTP( Unshielded Twisted pair)adalah salah satu jenis kabel jaringan yang cukup populer dan bisa bertahan sampai sekarang, meskipun kehadirannya sudah sedikit tergeser dengan adanya kebel jaringan yang lebih menawarkan performa yang cukup bagus yakni kabel fiber optik.

L. STP
STP(Shielded twisted pair) adalah jenis kabel telepon yang digunakan dalam beberapa bisnis instalasi.
D.Topologi jaringan komputer bus tersusun rapi seperti antrian dan  menggunakan cuma satu kabel coaxial dan setiap komputer terhubung ke kabel menggunakan konektor BNC, dan kedua ujung dari kabel coaxial harus diakhiri oleh terminator.


4.Topologi bus 
 topologi jaringan komputer
 merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel sepaksi menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain.

  • Kelebihan dari bus hampir sama dengan ring, yaitu kabel yang digunakan tidak banyak dan menghemat biaya pemasangan.
  • Kekurangan topologi bus adalah jika terjadi gangguan atau masalah pada satu komputer bisa menggangu jaringan di komputer lain, dan untuk topologi ini sangat sulit mendeteksi gangguan, sering terjadinya antrian data, dan jika jaraknya terlalu jauh harus menggunakan repeater.
 A.Topologi star
 topologi jaringan komputer
 atau bintang merupakan salah satu bentuk topologi jaringan yang biasanya menggunakan switch/ hub untuk menghubungkan client satu dengan client yang lain.
 B.Topologi ring atau cincin
 topologi jaringan komputer
 merupakan salah satu topologi jaringan yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya dalam suatu rangkaian melingkar, mirip dengan cincin. Biasanya topologi ini hanya menggunakan LAN card untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya.
 C.Topologi mesh
 pengertian topologi jaringan komputer
 merupakan bentuk topologi yang sangat cocok dalam hal pemilihan rute yang banyak. Hal tersebut berfungsi sebagai jalur backup pada saat jalur lain mengalami masalah.
 D.Topologi tree atau pohon 
 macam jenis topologi jaringan komputer
merupakan topologi gabungan antara topologi star dan juga topologi bus. Topologi jaringan ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda-beda.
5. client server
 Client - Server
client-server merupakan  Jaringan client server didefinisikan sebagai suatu arsitektur jaringan komputer dimana perangkat client melakukan proses meminta data, dan server yang memiliki tugas untuk memberikan respon berupa data terhadap request tersebut.

Perangkat client biasanya berupa perangkat komputer dengan aplikasi software jaringan yang telah terinstal guna untuk meminta dan menerima data melalui jaringan.
-kelebihan client server
1. Kontrol Terpusat pada Server
2. Backup Terpusat pada Server
3. Skalabilitas
4. Kemudahan Perawatan
5. Peningkatan Keamanan

Kekurangan Jaringan Client Server

1. Kegagalan Pada Pusat Kontrol
2. Biaya Pengeluaran
3. Jaringan Melambat
 peer-to-peer peer-to-peer Pengertian Jaringan Peer-to-Peer. Jaringan peer-to-peer (P2P) merupakan salah satu model jaringan komputer yang terdiri dari dua atau beberapa komputer, dimana setiap station atau komputer yang terdapat di dalam lingkungan jaringan tersebut bisa saling berbagi

Kelebihan Jaringan peer to peer :

  1. Tidak membutuhkan biaya yang besar untuk pembuatanya karena tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi.
  2. Tidak membutuhkan software server baik sistem operasi maupun aplikasinya.
  3. Tidak membutuhkan administrator khusus yang profesional untuk merawat jaringan tersebut.
  4. Kedudukan dan hak akses dari masing - masing komputer adalah sama dalam jaringan sehingga apabila terjadi gangguan dari salah satu komputer tidak mengganggu kinerja jaringan tersebut.


Kekurangan dari jaringan peer to peer :

  1. Jaringan ini tidak cocok untuk dipakai pada skala besar karena untuk pengadministrasiannya tidak terkontrol
  2. Semua mesin yang sharing resource tidak mempengaruhi performa.
  3. Perlu pelatihan kepada setiap user untuk dapat menjalankan tugas administrative
  4. Dari segi keamanan jaringan ini sangat rentan terhadap serangan dari luar tergantung dari masing - masing user untuk keamanannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here

Halaman